Hallo teman-teman hari ini saya ingin berbagi tentang WordPress Tutorial dengan teman-teman bagaimana cara untuk membuat FrontEnd Dashboard WordPress. Secara Default Dashboard pada WordPress hanya dimiliki oleh Admin untuk mengontrol setting, POST, PAGE dan lain-lain. Meskipun demikian Dashboard juga dapat dimiliki dan digunakan oleh seorang User(Subcriber, Author dsb) dengan limitasi tertentu. Dan kesimpulannya sampai dengan saya menulis ini WordPress tidak menyediakan FronEnd Dashboard secara default baik untuk Admin atau User. Jadi apabila kita ingin membuatnya, kita dapat menggunakan fungsi-fungsi codex yang ada di WordPress atau dengan menggunakan Plugins 🙂  .

Saya sepertinya tidak akan mencontohkan bagaimana membuatnya menggunakan serangkaian Code, karena pada dasarnya sudah ada yang membuatnya, jadi bagi temen-temen yang tidak dapat menggunakan kode , maka plugin adalah solusi utamanya 🙂 . Dengan kata Kunci FrontEnd Dashboard WordPress maka kita akan dapat menemukan banyak Plugin yang bisa dipakai.

frontend dashboard wordpress

frontend dashboard wordpress

Akan tetapi, sepertinya saya tidak menggunakan plugin tersebut, bukan karena nggak bagus, tapi saya kurang lebih telah menggunakan Plugin lain dan merasa nyaman menggunakannya (Stabil paling tidak selama 2 tahun terakhir) meskipun harus menggunakan 3 Plugin untuk membuat FrontEnd Dashboard WordPress. Jadi pilihannya ada pada teman-teman kalau ingin simple silahkan pakai Plugin diatas sepertinya UInya sangat bagus, tapi untuk penggunaan secara komersil saya belum berani karena penggunanya masih sedikit 😀 .

Okay,,,, untuk metode yang saya pakai paling tidak ada 3 Plugin Utama yang saya pakai untuk membuat FrontEnd Dashboard, yaitu (1) Plugin Members, (2) Nav Menu Roles dan (3) ThemeMyLogin versi 6.4 (bukan yang terbaru). Plugin Members dalam hal ini berfungsi untuk manajemen Role, Manajemen Page/Post berdasarkan Role, sehingga kita dapat membuat Page/Post yang secara spesifik kita buat untuk Role tertentu. kalau dalam Video yang saya buat saya mencontohkan Role Guru dan Role Siswa . Nav menu dipakai untuk manajemen menu sesuai dengan Role, menu mana saja yang terlihat oleh siswa/guru dan menu mana yang tidak terlihat oleh siswa/guru. Nah untuk Plugin yang ketiga saya menggunakan Theme My Login, sebuah Plugin untuk menanajemen perilaku Pengguna misalnya Redirection, Profile Update page, Login/Logout dan ada hubungannya juga dengan Role. Untuk Theme My Login sebenarnya cukup bagus, akan tetapi Plugin ini sepertinya mulai “mengkomersialkan” miliknya ini menjadi berbayar. Sehingga mau tidak mau harus memakai Plugin versi lama yaitu ThemeMyLogin Versi 6.4 dimana dapat diunduh disini.

Untuk lebih lengkapnya Tutorial membuat FrontEnddashboard WordPress dapat disimak di Video dibawah ini 🙂 .

 

Catatan Plugin yang dibutuhkan untuk Frontend Dashboard WordPress :
Plugin Members URL = https://id.wordpress.org/plugins/members/
Plugin Nav Menu Roles = https://wordpress.org/plugins/nav-menu-roles/
ThemeMyLogin Old = Click Here