Bagi Pebisnis Online , Paypal adalah salah satu tool yang sering dipakai untuk menerima pembayaran selain Escrow (biasanya untuk pembayaran yang besar), Payooner dan BitCoin. Saya sendiri memakai Escrow dan Paypal; namun seringnya untuk konversi Dollar ke Rupiah, paypal adalah payment service yang sering saya pakai untuk menerima pembayaran terutama mata uang Dollar dan Poundsterling. Dollar adalah yang paling sering, mulai dari yang angkanya cuman 50 USD sampai dengan yang mencapai 2000 USD. Hampir tiap minggu saya mencairkan hasil payment dolar kedalam bentuk rupiah yang berasal dari beberapa klien luar yang sering memakai jasa saya terutama dalam maintenance situs dan membuat web.

Minimum Penarikan/Withdrawl Paypal

Paypal sebenarnya membolehkan kita untuk mencairkan/withdrawl/penarikan dollar (Konversi Dollar ke Rupiah) yang kita miliki melalui transaksi ataupun personal payment, berapapun nilainya!!! Entah itu nilainya cuman 5 ataupun 10 dolar  😀 . Akan tetapi jika kita mencairkan paypal dengan jumlah yang minim seperti yang sudah saya sebutkan tadi maka kita sendiri sebenarnya yang rugi, karena potongannya dahsyat abis!!!.  Sebagai gambaran saja, misalnya anda mempunyai 10 dolar dan kemudian ingin anda konversi maka anda akan dikenai charge Rp 16.000,- (lihat gambar dibawah).

pemotongan Rp 16.000,- jika penarikan dibawah 1,5 Juta

Paypal mengenakan biaya pemotongan Rp 16.000,- jika penarikan dibawah 1,5 Juta

kang-paypal-sepuluh-USD

Contoh Withdrawl Dolar Paypal melalui Bank BNI

Gambar diatas adalah screenshot yang saya ambil dari akun saya (bahasa indonesia); disana dijelaskan bahwa jika kita menarik dana kita dibawah Rp 1.500.000,- maka akan selalu dikenai potongan sebesar Rp 16.000,- ini berarti bahwa agar anda terhindar dari potongan ini maka yang harus anda lakukan adalah menunggu sampai dolar di paypal terkumpul sekitar 106 USD dengan asumsi TUKAR DOLAR PAYPAL adalah Rp 14.232,-.

Nilai Tukar Dollar Paypal

Sejatinya semua nilai tukar Dollar ke Rupiah di bank nasional (BNI, BCA, mandiri, Niaga, BRI dll) kurang lebih hampir sama, kalaupun berbeda selisihnya tidak begitu besar masih dibawah puluhan. Namun jika kita withdrawl kredit Paypal ke rupiah maka nilai tukarnya agak berbeda diangka ratusan (atau bisa jadi dihitung menggunakan persen). Misalnya saja dari screenshot saya diatas terlihat bahwa nilai tukar 1 dollar di Paypal adalah setara dengan Rp 14.232,6. dan ketika saya cek di Bank BNI (saya memakai acuan ini karena bank tempat saya menampung hasil withdrawl ini salah satunya adalah BNI).

Ada perbedaan ternyata, setelah saya cek pada hari yang sama Kurs Dollarnya adalah 14.575,-. Dengan kata lain ada perbedaan sekitar Rp 350,- an perak untuk tiap dollarnya!!!!. dan dari sinilah mungkin Paypal mendapat keuntungan dari service yang berikannya kepada kita.

bni-tukar-dolar

Contoh Nilai Tukar Dolar ke Rupiah dari BNI

Dan dengan alasan inilah kenapa banyak sekali yang para penjual Kredit top Up Paypal yang berkeliaran didunia maya yang menebarkan jasa penukaran Paypal dengan menggunakan Rate Kurs Jual  😀 , lebih untuk dijual daripada di withdrawl. Biasanya yang butuh kredit Paypal adalah orang-orang yang ingin membeli barang Via Ebay.

Kapan Sebaiknya kita melakukan Konversi Dollar ke Rupiah?

Kalau saya sendiri hampir tiap minggunya selalu withdrawl; Konversi Dollar ke Rupiah saya lakukan dikarenakan ada 2 orang Partner yang bekerjasama dengan saya dimana saya membayarnya mingguan. Tentu saja dengan catatan bahwa nilai konversinya harus diatas Rp 1.500.000,-. Saya sendiri pribadi selalu withdrawl dihari Rabu pagi sekitar jam 9, karena hari itu adalah hari dimana payment jumlah dolar maksimum yang dapat saya tarik ke Paypal sekaligus jika kita withdrawl ke Rupiah maka rupiah akan sampai ke Rekening kita pada hari Jum’at. Ingat!!!! Paypal membutuhkan 2-4 HARI KERJA untuk memproses penarikan konversi dollar ke rupiah. Ini berlaku jika anda sudah sering withdrawl ke rekening anda, kalau baru pertama kali biasanya membutuhkan 4-5 hari kerja. Setelahnya akan kembali normal hanya 2 hari, dan jika kontinu melakukan withdrawl seperti saya maka bisa cair hanya dalam 1 hari, mungkin dalam hitungan Jam, menurut pengalaman saya yang terbaru setiap kali saya melakukan withdrawal pada pukul 5 pagi atau setelah shubuh, eh Jam 10 pagi sudah cair di rekening saya 😀 .

Bank manakah yang terbaik untuk Withdrawl?

Pada dasarnya semua bank bisa, dan yang sudah saya coba dan sukses adalah BRI, BNI dan Mandiri. Diantara ketiganya saya menyukai Mandiri karena proses pencairan bisa sehari he he (Meskipun awal-awal dulu sempet jengkel withdrawl kok sampai 6 hari).

Konversi Dollar ke Rupiah

Contoh Withdrawl Dollar Paypal ke Bank Mandiri

Oh iya jangan lupa usahakan bahwa ketika anda withdrawl untuk yang pertama kalinya pastikan bahwa nama akun Paypal anda sama dengan akun rekening anda, jika tidak maka akan terjadi kegagalan withdrawl, kegagalan ini biasanya akan akan dikenakan charge yang cukup besar, kalau nggak salah sekitar 50 ribu.

Note tambahan, semenjak saya menulis artikel ini, mungkin gambar yang saya scrinsyut diatas mungkin berbeda dikarenakan sudah ada perubahan layout dan UI dari Paypal yang lebih baik, tapi pada dasarnya semua metode masih sama. Menurut pengalaman saya memakai paypal dari tahun ketahun semakin baik, bahkan saya dapat menerima hasil withdrawl Paypal hanya dalam hitungan Jam dengan metode melakukan withdrawl sebelum Jam HARI KERJA dimulai, misalkan saja. Setelah sholat subuh (pukul 05.00 pagi) saya melakukan Withdrawl, maka sekitar jam 10 atau 12 siang dana sudah masuk ke rekening saya. Oh iya dan ini hanya berlaku dihari biasa, kalau pada hari besar, akhir tahun atau liburan panjang bisa seminggu cairnya 😀 , contohnya saja pada saat lebaran kadang selalu kecele saat withdrawl 😛 .

Paypal Withdrawl versi baru

Paypal Withdrawl versi baru

Bagi yang ingin mencoba withdrawl lebih cepat dalam hitungan Jam, bisa pakai Transferwise 😀 .

Artikel ini terakhir diupdate pada 03 Maret 2019