Sudah beberapa bulan tidak menyentuh blog ini πŸ˜€ sibuk ikutan kajian πŸ˜€ dan dengerin ceramah islam bareng teman-teman, dan sepertinya memang bener kalo harus meluangkan waktu untuk update blog. Beberapa bulan lalu saya bertemu dengan kawan-kawan yang mendalami Bahasa Pemrograman Java, dan mereka sangat tertarik dengan sebuah Program yang bernama FLUTTER. Dan bersama-sama dengan mereka saya mencoba belajar Flutter dasar. Eh ternyata memang menarik.

Di dalam Flutter, bahasa pemrograman yang digunakan mirip dengan java, dan yang lebih menarik lagi, Flutter sudah menyediakan material yang cukup baik didalam programnya sehingga untuk “membuat aplikasi mobile dasarpun sangatlah mudah”. Yang lebih menarik lagi, dengan sekali compile, dapat membuat aplikasi dalam 2 platform, yakni ANDROID dan IOS.

Sesampainya dirumah , saya mencoba Flutter menggunakan Editor Visual Studio Code dan mengikuti tata cara yang ada didalam dokumentasi Flutter untuk diinstall di Macintosh. Dan saya harus mengakui bahwa instalasi pertama kali di PC memang suangatttt ruibetttt karena harus menggunakan Terminal dan perintah Command. Saya sebut ribet karena saya jarang menggunakannya.

Oke, setelah instalasi kelar, Aplikasi yang saya coba buat adalah aplikasi yang berkaitan dengan dakwah ceramah islam android karena hampir setiap hari sering mendengarkan file-file audio ceramah dan kajian islam , tidak ada salahnya kalau saya juga memanfaatkannya untuk di-republish menjadi sebuah aplikasi media player untuk me-manage-nya jadi mudah saya dengarkan kembali. Aplikasi Kajian dan Ceramah Islami kayaknya menarik πŸ˜€ .

visual studio code flutter
Proses pembuatan Aplikasi Mobile Menggunakan Simulator Ios

Belajar dari awal memang susah-susah gampang, untungnya banyak source yang ada di GitHub yang dapat kita gunakan untuk membuat Aplikasi Media Player. Diantaranya yang saya pakai adalah package AudioPlayers. Dan setelah 100 Jam akhirnya sebuah aplikasi MOBILE sudah kelar saya buat , horeeeee ……. .

Awalnya, saya memakainya untuk internal purpose saja, sehingga saya dapat mendengarkan Ceramah Islam Android atau Iphone dimanapun dan kapanpun. Seiring dengan beberapa perbaikan sayapun memutuskan untuk mempublishnya ke Google Play, sehingga saudara dan kawan-kawan juga ikut men-testing dan mendengarkan audio Ceramah dan Kajian Islami Android yang saya unduh dan dengar dari YouTube. dan hasilnya dapat ditemui di link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ceramahislami.mp3 .

Upload Aplikasi Android ke Google Play

Ini hal yang lumayan juga sulit, saat ingin mengupload, berarti kita musti mempunyai Google Play Console. Untuk membuat akunnya harus membayar sekitar $25 menggunakan Credit Card tidak bisa menggunakan Paypal, sedangkan saya tidak lagi menggunakan Credit Card, sehingga yang saya lakukan adalah menggunakan VCC, beli dari seller yang ada dan tersedia diInternet.

Biaya yang saya keluarkan sekitar Rp450.000,-. Dalam hitungan jam akhirnya akun Google Play Console sudah jadi dan aplikasi yang saya buatpun dengan sukses dapat terupload dan membutuhkan 4 hari verifikasi :p . Agar mudah diapprove usahakan menggunakan akun baru. Kebetulan saya menggunakan email baru dengan nama bini tercinta πŸ˜›

google console approve
Tampilan Google Console dan Aplikasi yang saya buat

Oh iya , saya tidak menggunakan Android Studio sebagai landasannya. Saya menggunakan Editor Visual Studio Code secara murni (meskipun pada akhirnya juga disuruh menginstall Android Studio juga) dan menginstall secara murni modul dan setting yang dibutuhkan untuk mengkompile aplikasi dalam bentuk .apk atau .aab .

Jika semua sudah ter-install dengan baik maka di terminal console kita hanya perlu menuliskan perintah flutter build appbundle atau flutter build apk . dan file inilah yang nanti akan kita upload di Google Console. Usahakan gunakan .aab (flutter build appbundle) karena file ini bisa dikompresi menjadi lebih kecil ketika di-upload di Google Play Store. sebagai contoh file yang saya buat sebesar 18M sekali compile, namun ketika saya upload di Google Console, file ini terkompresi dengan baik menjadi 11.8M.

ceramah kajian islami android

Hasil iseng-iseng ternyata berhasil πŸ™‚ , selanjutnya kapan-kapan akan saya tulis kembali yang berkaitan dengan upload di App Store (iOS) yang sepertinya sudah published Ceramah dan Kajian Islami di https://apps.apple.com/app/id1475242416

Oh ya aplikasi AudioPlayer ini masih mempunyai kelemahan, untuk diAndroid, Audio bisa Playing at Backgroud (meski di Minimize, audio tetap dapat berputar ) , namun tidak untuk Aplikasi iOS (- Update 11 sept 2019 : sudah dapat dengan mengubah settingan dibagian Capabilities tab, set Mode Background ke ON dan centang bagian β€œAudio, AirPlay, and Picture in Picture”) . Selain itu (saat saya menulis ini) belum ada tutorial bagaimana membuat Backgroud Widget (Floating Player yang menunjukkan kalau Audio OnPlaying ) ~ kalau ada temen-temen tahu kasih tahu di kolom komen yak , jadi saya bisa update aplikasinya πŸ˜€ .

Note : maaf, ditulisan ini saya tidak mencantumkan kode aplikasi karena kodenya masih amburadul ^_^