Untuk kesekian kalinya pekerjaan saya delay hanya karena masalah sepele, masalahnya adalah karena saya lupa password !!!. Bukan pertama kalinya dan terus berulang. Beberapa kali saya mencoba untuk menyimpan password login beberapa situs didalam Google Browser yang didalamnya terdapat manajemen password sehingga saya tidak perlu menghapalkannya, untuk beberapa saat cukup berhasil namun berhubung akun google saya juga banyak, saya sampai lupa dibagian akun mana saya menyimpannya 🙁 . Ada juga yang membuat saya khawatir memakai cara ini bukan cara yang baik mengingat terkadang laptop saya juga dipakai orang lain, dan saya sama sekali tidak ingin dia mengetahui login ke semua situs yang saya manage.

Hal paling umum yang pernah saya lakukan selain menyimpannya di browser google adalah menyimpannya kedalam Spreadsheet Excel, hal ini sebenarnya cukup membantu karena dengan sekali search maka saya akan mendapatkan username dan password yang pernah saya simpan. Namun lagi lagi, hal ini tidak cukup membantu terlebih ketika saya bekerja dengan Team. Ketika Team lain melakukan Reset Password, maka sayapun melakukan hal yang sama harus mengupdate Spreadsheet saya, begitu pula sebaliknya. meskipun dapat diatasi dengan metode Sharing (Google Docs Online) , Namun lagi lagi hal ini gagal karena terkadang saya hanya ingin dia melihat satu password credential saja dan sayapun tidak menginginkan dia melihat semua data password untuk situs yang lain ataupun yang bersifat Personal yang ada di dalam Spreadsheet tersebut.

Setelah melakukan banyak Riset saya menemukan Aplikasi Manajemen password yang saya cari, sebuah aplikasi Online yang sampai sekarang saya pakai untuk memanajemen banyak Password . Saya dapat menyimpan semua password saya dengan baik, searchable, juga dapat melakukan sharing Password untuk website tertentu dengan Rekan Kerja, dan aplikasi ini juga dapat saya akses melalui Mobile. Hanya dengan menggunakan 1 kali login saja, saya dapat melihat username dan password akses untuk semua website, aplikasi, Cpanel, Hosting, Akun Gmail, login akses ke Paypal dan lain dsb.

Aplikasi Manajemen Password ini bernama Passpack

Passpack namanya, sebuah website yang menjadikan hijau sebagai warna landasannya. Passpack Password Manager adalah nama panjangnya. dapat mengatur ribuan Credentials dalam satu wadah yang semuanya di-enkripsi. Untuk masuk kedalam Passpack saja memerlukan 2 kali memasukkan password, yaitu password Utama dan yang kedua adalah password tambahan Packing-Key untuk membuka semua kunci yang ter-enkripsi. Setelah berhasil masuk maka anda akan melihat summary dashboard list semua credential anda. Dari gambar dibawah saya mencontohkan kurang lebih ada 79 yang ada diakun saya saat ini, kesemuanya merupakan sharing dari Team yang berkerja bersama dengan saya.

manajemen password passpack

Semua password yang kita simpan juga dilindungi. Sehingga sedikit memberikan kenyamanan dan rasa aman dalam memakainya. Bekerja secara personal maupun dengan single sangatlah nyaman menggunakan tool ini, fungsi sharing Password adalah yang paling saya sukai, karena saya dapat dengan mudah membagi Password kepada siapa saja Team yang ingin membantu saya dan mematikan sharing tersebut ketika pekerjaan telah usai. Kita dapat menambahkan data sebanyak-banyaknya yang kita inginkan, dengan Client-pun kadang saya menganjurkan untuk memakainya, sehingga ketika saya selesai membuatkannya website, maka saya akan membagi data credentials mulai dari Website Login, FTP, Cpanel Login dan Webmail Loginnya. Jika Client mengubah sandinya maka secara otomatis saya juga akan melihat perubahannya (kita juga akan melihat notifikasi bahwa password telah berubah).

manajemen password passpack

Selain Password, Link Login, tags, dan username, Passpack juga melengkapi dengan Notes, atau catatan yang ingin ditambahkan pada password yang kita buat. Saya pikir Notes ini cukup membantu mengingat terkadang tidak hanya password yang ingin kita tambahkan, melainkan ada catatan tambahan misalnya , nomor handphone yang terkait, email terkait, API Key dan sebagainya. Bagi anda yang menggunakannya FREE, anda hanya akan mendapatkan 1280 Character saja di bagian Notes, kalau yang berbayar anda akan mendapatkan character lebih dari itu.

Bagi anda yang mempunyai profesi sama seperti saya dan memiliki Client dalam jumlah yang cukup besar, maka passpack dapat dijadikan sebagai pembantu manajemen password yang sangat baik. Saat ini (ketika saya menulis artikel ini) ada versi Beta atau versi 8 sudah muncul, namun saya belum mencobanya, pasalnya saya masih nyaman dengan versi sebelumnya. 😀

Glossary :
Delay = Tertunda
Password = Kata Sandi
Login = Masuk
Browser = Mesin Pencari
Manage = Mengatur
Enkripsi = dilindungi
Character = Simbol
Notes = Catatan
Summary = Ringkasan
Password Credentials = kata Kunci tertentu (Biasanya mengacu pada sebuah website)