2 Jam saya berselancar di Facebook, membaca postingan beberapa kawan-kawan yang cukup lucu tentang Idul Adha mereka dan membaca postingan forum-forum diskusi. Mumpung lagi senggang tidak ada salahnya membuka Facebook khan? toh facebook juga kadang saya jadikan sebagai tools untuk Promosi.

Namun ada yang salah dengan facebook saya malam itu; Facebook kok undermaintenance ya? susah diakses.. Hmm sepertinya Facebook sedang Down, kena Hack kah? Saya sendiri tidak tahu, namun kejadian ini berlangsung kurang lebih 15 menit.

Facebook Down

Facebook Down

Dalam laman mereka cuman tercantum “Sorry, something went wrong,” read the message most users were greeted with. “We’re working on it and we’ll get it fixed as soon as we can.”

Facebook kena Retas ?

Saya banyak mencari keterangan mengenai Downnya situs Facebook ini, menurut Platform Facebook untuk Developer (yang status downnya bisa dibaca disini Platform Status ), Facebook Graph API unavailable pada 12:30 p.m. ET. Namun telah dibetulkan pada 1:22 p.m. ET.

facebook-down-graph

Sesaat setelah pembenahan ini selesai, para Developer yang merancang facebook ini menyampaikan bahwa, mereka sedang dan telah membenahi masalah tersebut, dan akan mengupdate informasi kepada usernya jika ada informasi tambahan. Informasi tersebut dapat diketahui lewat laman developer mereka Facebook Developer . Sampai dengan saat ini pihak yang bersangkutan tidak memberitahukan penyebabnya apa.

Sebenarnya informasi ini tidaklah begitu penting bagi yang hanya memakai facebook untuk keperluan baca status saja; namun akan sangat berbeda sekali bagi yang sering memakai facebook untuk aplikasi, seperti halnya saya yang memakain Graphnya untuk diintegrasikan dengan web; Jika web kita terintegrasi dengan facebook dan Facebook down maka situs kitapun akan terganggu. Situs terganggu bisnispun terganggu.