Jangan Takut Rugi Untuk Memberi Royalti

Jangan Takut Rugi Untuk Memberi Royalti

Sudah hampir 2 tahun saya meminjam “gambar” foto dari seorang kawan saya. Maksud dari meminjam adalah saya meminta ijin untuk menggunakan gambar Profilnya untuk membuat sebuah profil baru untuk bekerja Online. Alasannya cukup simpel karena gambarnya cukup “good looking” he he. Jangan mengira kalau saya menggunakan untuk kegiatan yang tidak-tidak ya, saya hanya menggunakan fotonya saja karena dalam pekerjaan saya ada keharusan untuk membuat Profil “US” dengan alamat yang diberikan oleh sebuah perusahaan bertipe LLC dimana pekerjaanya adalah menghandle beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan support dengan customer amerika serikat.

Dari meminjam gambar profil tersebut, kurang lebih sekitar 15.000 USD telah saya raih dalam kurun waktu 1 tahun ; dan saya berniat untuk memberi royalti atas pendapatan yang telah saya dapat. Semula saya sebenarnya tidak ingin memberi royalti ini, toh yang bekerja hanya saya, dia nggak ngapa-ngapain, saya hanya pinjem gambar dan itupun dia nggak keberatan (dia mengetahui pekerjaan saya). Namun kesadaran untuk tidak memberikan royalti berubah ketika seorang kawan bulan lalu menelpon saya akan mentrasfer sejumlah uang. Saya kaget atas dasar apa dia mentrasfer sejumlah uang? dia lalu menjelaskan bahwa Bisnis Adsense-nya sukses besar dan dia ingin membagi sedikit dengan saya…. Alhamdulilah deh (sejauh yang saya tahu waktu itu saya hanya mengajarinya cara membuat blog wordpress dan situs berbasis wordpress, membuat akun adsense dan cara meletakkan adsense pada situs wordpressnya); Jumlahnya sih memang tidak terlalu banyak, namun caranya dengan memberi royalti nya kesaya mengingatkan saya bahwa “kacang tidak boleh lupakan kulit”, sedikit apapun bantuan orang tidak boleh kita lupakan, kalau kita dapat kenikmatan atas bantuan tersebut tak ada salahnya untuk berbagi.

Memberi Royalti

Hal inilah yang kemudian menjadikan dasar sayapun harus melakukan hal yang sama, toh berbagi tidak akan membuat saya rugi!!!. Dan kalau dipikir-pikir tidak sedikit klien saya yang pernah saya bantu dalam bisnis online dengan webnya , ketika bisnisnya berhasil memberi saya bonus yang lumayan…he he

Oh iya, saya bilang ini royalti karena jumlahnya memang tidak banyak dan royalti yang saya maksud bukanlah royalti perjanjian diatas kertas, namun royalti yang saya maksud ini adalah lebih pada kesadaran kita memberikan secuil rejeki kita kepada orang yang sudah selayaknya menerima.

Kalau saya sudah melakukan memberi royalti, apakah anda sudah? hmm saya yakin iya, tidak sedikit dari kawan-kawan forum yang setelah mendapatkan pendapatan besar menyisihkan sebagian pendapatannya untuk royalti, bahkan ada yang memberikan sedekah 🙂 . Besarnya sih terserah, yang penting niatnya pokoknya jangan pelit-pelit amat, dan yang paling unik adalah ketika berhasil, berbagilah kunci kesuksesan tersebut dengan yang lain. Namun berbagi kesuksesan sebaiknya tidak boleh setengah-setengah, karena kadang-kadang malah ada yang mengkomersialkannya ha ha, nggak salah sih tapi jangan kebangetan saja dalam membagi kunci suksesnya. Kalau anda sudah berbagi, jangan berharap “apa yang saya dapat” kalau berbagi, yah pokoknya tulus saja.. kalau yang diajarin berhasil ya ucapkan alhamdulilah, nggak dikasih royalti ya alhamdulillah toh tuhan gak pernah salah ngitung royalti yang akan kita dapat di Yaumul Hisab nanti 🙂 .

Catatan kaki : Konon katanya dengan berbagi, akan memuluskan jalan kita dalam mengais rejeki.

 

Tentang Saya

Silahkan tinggalkan Komentar

free html hit counter