Pengalaman Berbelanja Di Ebay

Pengalaman Berbelanja Di Ebay

Uh oh Pak Pos menyambangi meja kerja saya, tumben sekali Pak Pos ini diperbolehkan untuk masuk ruangan kami, padahal sebelumnya tidak ada satupun kurir tak terkecuali pos masuk dalam ruangan kerja kami.

“Eh mas, dapat paket nih?” kata Pak Pos memanggil saya dari pintu masuk
“Eh, paket apa pak?” jawab saya
“Nggak tahu, mas, kayaknya dari luar negeri, tadi kata pak satpam suruh nemuin mas aja soalnya ada biaya nih” jawab Pak Pos lagi.
“Oh iya pak, thanks” jawab saya sembari menandatangani tanda terima paket dan membayar uang sejumlah Rp 7.800,- seperti yang tertera pada kuitansi kepada beliau.
Saya mengamati paket ini, dan saya inget ternyata ini adalah paket “PreOrder”DVD/BLURAY/3D Superman yang dipesan oleh kawan saya melewati saya. Alhamdulillah datang juga setelah menungu kurang lebih 4 minggu (walau saya sempat cemas kalau-kalau barang ini tidak sampai karena sudah lebih dari 2 minggu).


Berbenja Online barang dari luar negeri melalui Ebay

Sudah setengah tahun ini saya melakukan experimen membeli barang diluar negeridan dalam setengah tahun ini saya sudah membeli 10 barang. Kesemuanya berasal dari ebay.

Membeli barang dari ebay sebetulnya adalah hal yang mudah asalkan anda mempunyaiKartu Kredit ataupun Paypal. Nah Jika anda tidak mau menggunakan Kartu Kredit tidak ada salahnya menggunakan Paypal (sayapun menggunakannya).

pengalaman_berbelanja_di_ebayPengalaman saya membeli di ebay adalah ketika saya membeli sebuah barang dari China, saya tertarik dengan sebuah PowerBank Mini 2600mH yang harganya lumayan murah (pada waktu itu) sebagai pendukung Smartphone Hisense H860 saya dengan harga 4 USD. Selang 3 minggu setelah saya memesan, barang ini datang dipacking dengan baik dan saya membayar biaya ke pak pos sebesar Rp 8.000-an setelah barang ini sampai ke tangan saya.

Berbekal pengalaman yang pertama, saya membeli barang lagi pas kebetulan ketika saya lagi kongkow dikampus, ketemu Pak Dekan yang sedang melakukan riset

“tahu nggak dimana saya bisa mendapatkan gas flowmeter?” tanya beliau

Saya Jawab saja “di-ebay banyak pak, tapi dari china” sahut saya
“harganya berapa?”  tanya dia lagi
saya membuka laptop dan menunjukkan gambar gambar dan membiarkan beliau memilih ,
ini bagaimana?” katanya lagi
“bisa pak, harganya 18 USD free shipping” sahut saya,
“oke saya beli itu, saya beli dua, lalu berapa yang musti saya ganti?” tanya beliau
“cukup 380rb saja pak, sesuai dengan yang tertera disana” sambil menunjukkan nilai konversi dari dolar ke rupiah waktu itu.

“oke nih 400rb cukup kan?” sahut beliau sambil menyodorkan 4 buah lembaran uang ratusan ribu.

“wah kebanyakan nih pak” tolak saya

“gak papa, tolong pastikan saja kalau itu bakal sampai disini, soalnya saya sangat membutuhkannya..” sambil menepuk punggung saya.

“siapppppppppppp…..!!”

Kemudian saya mengklik tombol buy di ebay dan mengirim pesan kepada penjualnya mengenai detail dan kapan barang tersebut akan dikirim. dan penjualnya me-replybahwa keesokan harinya barang tersebut dikirim sambil mengirimkan tracking numbernya.

Apakah barang yang saya pesan datang? jawabannya iya….barang datang setelah 16 hari namun kali ini saya tidak dikenakan biaya sepeserpun oleh pak pos :).

Ditipu 2x oleh penjual di e-bay.

Ternyata perjalanan saya bertransaksi di-ebay tidaklah semulus seperti yang anda bayangkan, kurang lebih 2x penjual tidak mengirimkan barangnya, kawan saya menemukan sebuah link di ebay dan meminta saya untuk membelinya.

seorang penjual asal israel menjual sebuah VGA dengan harga yang cukup murah, kawan saya tergiur ; karena selain murah reputasinya juga cukup baik (positive rating diatas 98%).

Namun diluar dugaan 1 minggu setelah saya melakukan pembayaran ada 6 orang yang komplain dan kian hari semakin banyak dan ketika tiba giliran saya bertanya, tidak direspon dan akun orang ini tiba-tiba menghilang begitu saja. :(.

Yang kedua adalah ketika kawan saya meminta saya untuk membantunya membeli Mouse Razor dari china, harganya juga murah dan reputasinya bagus, namun lagi-lagi, penjualnya tidak merespon. parahnya trackin number yang diberikannya tidak valid ..!!!

Dispute (Pengembalian Uang oleh Paypal)

2x ditipu tapi uangnya kembali, percaya nggak?… tapi inilah yang terjadi dengan saya, ketika saya ditipu saya melakukan dispute ke pihak Paypal agar mengembalikan uang yang sudah saya keluarkan, dan ternyata benar-benar dikembalikan,,!!!! secara utuh,,!!! walau membutuhkan waktu selama seminggu bagi Paypal untuk menyetujuidispute saya.

Sayapun mengembalikan uang ini kepada kawan saya, karena saya merasa bahwa ini bukanlah uang saya melainkan uang mereka, saya tidak berhak atas uang kegagalan transaksi. Mereka berterima kasih atas pengembalian ini dan ujung-ujungnya mereka memberikan 10% sebagai balas jasa :).

Yang dapat saya simpulkan disini adalah, menurut saya berbelanja di ebay sangatlah aman, anda dapat melakukannya jika mempunyai Paypal, dan Paypal menurut saya sangat perduli dengan konsumen terutama pembeli.
  1. Berhati-hatilah dengan penjual di-ebay, terkadang mereka mempunyai reputasi bagus dari menjual barang-barang yang nilainya kecil-kecil, dan ketika reputasinya sudah baik mereka menjual barang-barang yang nilainya besar; dari sinilah penipuan dimulai (ada yang dikirim ada yang tidak).
  2. Setelah melihat reputasi, usahakan membeli barang dari seller yang mau mengirimkan/mencantumkan “Trackin Number”, sehingga kita bisa memonitor pergerakan barang yang kita beli.
  3. Sampai dengan detik ini saya belum berani untuk membeli barang yang harganya diatas 50 USD, selain karena akan terkena biaya lain-lain, saya hanya membantu teman-teman yang membutuhkan barang yang nilainya dibawah 50 USD, selain terjangkau kalau sampai di indonesia paling-paling hanya kena charge oleh Pos tidak lebih dari Rp 15.000,- (tergantung dari barang yang dipesan, perhitungannya tanya pak pos saja yak.

Tentang Saya

Silahkan tinggalkan Komentar

free html hit counter