Cara Mengkonversi Audio menjadi Tulisan dengan Cepat (Speech To Text)

Cara Mengkonversi Audio menjadi Tulisan dengan Cepat (Speech To Text)

Halo … hari ini saya ingin berbagi kepada anda tentang bagaimana caranya mengkonversi audio kita menjadi dalam bentuk tulisan dengan cara yang cepat. Beberapa hari ini ada beberapa kawan-kawan saya bertanya ada nggak ya sebuah tool yang dipakai untuk mengkonversi apa yang kita omongkan atau apa yang kita bicarakan menjadi dalam bentuk tulisan secara cepat dan akurat.

Diantara mereka yang mereka bertanya kepada saya adalah seorang wartawan yang nerupakan kawan karib saya. Hampir tiap hari dia mewawancara narasumber menggunakan perekam kecil yang kemudian dia harus menterjemahkan hasil wawancaranya menjadi sebuah bentuk tulisan. Hampir tiap hari itulah pekerjaannya, sesampainya dikantor dia mengambil headset mendengarkan hasil rekamannya sambil menulis didepan komputer, dan karena kecepatan orang berbicara itu lebih cepat daripada mengetik maka terkadang dia harus merewind perekam ini bolak balik.

Mengkonversi Audio menjadi Tulisan

Nah ternyata ada banyak tool yang bisa membantu pekerjaan ini yang salah salah satunya adalah yang sering saya pakai speechnotes.co. Ini adalah sebuah tool dalam bentuk web yang bisa anda kunjungi secara online dimana teknologinya memakai satu teknologi yang bernama speech-api. Selain untuk wartawan aplikasi ini juga cocok untu para publik speaker yang sangat aktif berbicara tapi males untuk menulis , walau apa yang dikonversi oleh aplikasi ini tidak 100% tepat namun hampir mendekati akurat.

Saya menyebut tool ini aplikasi karena juga tersedia dalam ekstensi chrome dan android 🙂 .  Para blogger yang ingin membuat satu tulisan juga sering menggunakan tool ini, setelah selesai berbicara dan terkonversi kita dapat mengeditnya menjadi sebuah tulisan yang lebih apik dan mudah dibaca oleh orang lain.

Untuk memulainya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Siapkan PC yang terhubung dengan internet.
  2. Pastikan PC anda ada Microphonnya, biasanya kalau anda memakai Laptop micropone sudah embed didalammnya. Namun jika anda memakai PC biasanya tidak dilengkapi dengan microphone jadi akan lebih baik kalau Anda membeli mikropon dulu harganya juga cukup murah kisaran sekitar Rp50.000.
  3. Pastikan Microphone tertancap pada Audio Port PC, biasanya port ini warnanya merah atau merah muda.
  4. Buka alamat http://Speechnotes.co
  5. Untuk mengetes tool ini sebenarnya cukup mudah karena begitu alamatnya terbuka ada pilihan bahasa yang bisa anda pilih didalmnya terdapat bahasa Indonesia yang mampu menangkap audio dalam language bahasa indonesia dengan bagus , seperti halnya ketika saya menulis ini saya memakai speechnotes.co . Kalau anda ingin membuat tulisan bahasa Inggrisnya silahkan anda bisa juga tinggal mengganti saja pilihan bahasanya menjadi bahasa Inggris.Speechnotes -speech-to-text
  6. Nah kemudian di samping tool pemilihan bahasa itu ada semacam Ikon mikrofon berwarna merah tinggal Anda klik saja, maka jika anda berbicara di depan microphone maka tulisan itu akan muncul dengan sendirinya seperti gambar screenshot di bawah ini adalah hasil saya berbicara. Cukup bagus menurut saya, walaupun ada sedikit salah salah tapi itu bisa diedit nantinya.  Seperti yang saya bilang diatas hasilnya tidak tepat 100%,  jadi anda harus melakukan sortir lagi terhadap tulisannya.

Speechnotes-hasil-kangartha-contoh

Salam Berbagi 🙂

Cheers

Tentang Saya

free html hit counter