Efek Negatif Didepan Komputer [Part 1]

Efek Negatif Didepan Komputer [Part 1]

Dijaman sekarang ini Bisnis Online sudah mulai menjamur di indonesia , mulai dari Online Shopping, Tradding, Coding, Data processing, Writing sampai dengan yang paling mudah yaitu Blogging. Tidak sedikit orang yang mulai menjadikan bisnis ini menjadi pekerjaan utama (seperti saya). Dari sisi pendapatan, Bisnis Online dapat lebih menjanjikan karena jikalau fokus maka dapat gaji berlipat-lipat dari pekerjaan anda dikantor. Dilain sisi beberapa kalangan menganggap pekerjaan Online lebih flexible dan tidak mengharuskan anda mondar-mandir ke kantor; cukup dengan berada dirumah didepan komputer berjam-jam dan dengan koneksi internet, semuanya dapat dilakukan.

Efek Negatif Didepan Komputer

Terlepas dari pendapatannya yang cukup besar, ternyata ada beberapa hal negatif yang sering dialami oleh para pekerja online ini,  kebanyakan diakibatkan karena seringnya berada didepan komputer. Bukan hanya yang pekerjaannya online saja, para pekerja kantoran modern saat ini juga banyak menghabiskan didepan komputer berjam-jam lamanya. Kalau pekerja kantoran menghabiskan waktu kerjanya didepan komputer 5 jam/hari, maka sangat lain halnya dengan pekerja online, mereka-mereka dapat menghabiskan separuh waktu perhari didepan komputer tanpa berkedip mencapai 12-18 Jam/hari.

Berikut adalah hal-hal negatif  yang sering dialamai efek negatif berada didepan komputer selama berjam-jam lamanya.

Kinerja mata menjadi menurun;

Bekerja didepan komputer secara berjam-jam tentunya akan sangat melelahkan, terutama pada kesehatan mata. Pandangan kita yang terlalu terfokus pada layar monitor membuat kinerja mata bekerja lebih keras. Pupil mengecil dan membesar secara berulang-ulang ditambah dengan radiasi monitor yang dilakukan secara berulang-ulang akan menambah lemah kinerja mata anda dalam jangka panjang. Saya sendiri cukup kaget ketika didiagnosa oleh dokter bahwa minus mata saya bertambah 1/2; saya sendiri tidak menyadarinya karena menurut saja mata saya baik-baik saja, namun dalam kurun waktu 4 tahun ternyata hasil test menyatakan demikian. Oleh karena itu saya mulai mengganti perangkat monitor FLAT saya dengan yang lebih baik (meskipun harganya lebih mahal, namun hal itu tidak sebanding dengan mahalnya mata saya he he). Ganti monitor itu mudah, namun dimana saya musti mengganti mata saya jika rusak?.

Akhir-akhir ini mata saya juga cepat menjadi lelah, tidak seperti dulu yang sanggup menatap layar monitor berjam-jam. Sepertinya memang ada penurunan walaupun hanya perlahan; Oleh karenanya untuk mengurangi Efek Negatif Didepan Komputer yang terjadi pada mata, maka ada beberapa hal yang mulai saya lakukan sejak dini :

  1. Memakai kacamata yang sesuai dengan kondisi mata saya. Seperti yang telah saya sejelaskan sebelumnya bahwa ketika saya didiagnosa menderita minus 1/2, maka tak ada jalan lain selain membeli kacamata yang sesuai. Kisaran 300rb saya membelinya , mesti kurang begitu nyaman (karena tidak terbiasa) namun saya merasakan bahwa mata saya tidak cepat lelah seperti sebelumnya.
  2. Menjaga jarak pandang antara mata dengan monitor. Ini adalah hal yang semestinya musti kita lakukan sejak dini. Jarak pandang terhadap monitor diusahkan jangan terlalu dekat, misalnya saja saya sendiri pribadi lebih nyaman dalam jarak pandang 45cm dan pandangan saya lurus tepat pada bagian atas monitor.posisi-yang-benar-bermain-komputer
  3. Mengkonsumi makanan yang mengandung Vitamin A (didampingi oleh Pakar makanan yang tak lain adalah istri saya he he).  Biasanya istri saya memasak sayuran yang mengandung vitamin A disertai dengan telur, buah pepaya, melon , wortel dll. Oh iya saya sendiri kurang menyukai dengan konsumsi suplemen karena takut penggunaan Konsumsi Vitamin A berlebihan. Berlebihan dalam mengkonsumsi Vitamin A bisa mengakibatkan efek keracunan.Makanan-yang-Mengandung-Vitamin-A-Tertinggi
  4. Mulai mengalihkan pandangan barang sejenak dari monitor setiap jam sekali dan melihat gambar-gambar pemandangan virtual mulai dari hutan yang berwarna hijau, lautan yang berwarna biru dan gambar gambar lucu anak saya 🙂 pada monitor TV Flat Aquos.. 🙂
  5. Mengatur penerangan ruangan agar sesuai dengan cahaya yang keluar dari monitor. Efek cahaya dari luar monitor yang tidak sinkron dengan monitor sangat berbahaya, terlebih jika ruangannya sangat gelap, sehingga diusahkan janganlah bekerja pada ruangan gelap.
  6. Memasang Filter pada layar desktop.

Bersambung pada Page Berikutnya >>

 

Tentang Saya

free html hit counter